Monday, July 9, 2007

Google Earth temukan kapal selam nuklir Cina Rahasia

Sumber berita (www.itkomputer.com).
Sebuah kapal selam istimewa ditemukan melalui Google Earth. Istimewa karena kapal selam nuklir Cina ini adalah proyek super rahasia.

Google Earth (menurut wikipedia.orgadalah sebuah jasa peta globe virtual gratis dan online disediakan oleh Google dapat ditemukan di earth.google.com.

Program ini tersedia dalam tiga lisensi yang berbeda: Google Earth, sebuah versi yang gratis; Google Earth Plus, termasuk penambahan fitur GPS; dan Google Earth Profesional, yang ditujukan untuk penggunaan komersial.

Ia menawarkan peta yang dapat diseret dan gambar satelit untuk seluruh dunia dan baru-baru ini, Bulan, dan juga menawarkan perencana rute dan pencari letak bisnis di Amerika Serikat, Kanada, Jepang, Hong Kong, RRT (hanya pusat kota) dan beberapa bagian Eropa. Google Earth masih berada dalam tahap beta.

Google Earth adalah layanan menarik untuk melihat banyak hal di dunia. Namun, mungkin tak seorangpun berharap untuk melihat sebuah kapal selam super rahasia bertenaga nuklir milik Cina. Kapal selam yang disebut berkelas Jin ini merupakan kapal selam terbesar dengan teknologi terkini dalam Angkatan Laut Cina. Adalah Hans Kristensen, yang kebetulan juga menjabat sebagai direktur dari Federation of American Scientists Nuclear Information Project yang menemukan kapal selam ini melalui satelit DigitalGlobe Quickbird.

Melalui penemuan ini, dia pun mengkonfirmasi bahwa Cina memang sedang mengembangkan kemajuan penting dalam tujuan akhirnya menciptakan kapal selam nuklir yang tak bisa terdeteksi radar.

Namun demikian, Lyle Goldstein, pakar perkembangan maritim Cina pada Naval War College menjelaskan bahwa penemuan ini bukan sesuatu yeng perlu dibesar-besarkan. Menurut pendapatnya, agen intelijen Amerika Serikat sebenarnya sudah tahu mengenai proyek ini jauh sebelum penemuan gambar kapal selam tersebut dipublikasikan.

"Saya yakin bahwa setiap foto yang dipunyai Google Earth telah dimiliki Pentagon (Departemen Pertahanan Amerika Serikat) jauh sebelumnya," katanya seperti dikutip detikINET dari Softpedia, Sabtu (7/7/2007).

Namun bagi masyarakat kebanyakan, tentu saja kesempatan melihat sebuah kapal selam rahasia pada sebuah tempat yang tersembunyi merupakan sesuatu yang sangat menarik.

Keterangan gambar: Photo of top secret Jin-class Chinese nuclear submarine Credits: DigitalGlobe

Sumber: DetiInet.com




No comments: